Kopi Arabika Asal Talang Babungo, Solok

Talang Babungo merupakan sebuah nagari di Kecamatan Hiliran Gumanti, kabupaten Solok, Sumatera Barat. Daerah ini merupakan daerah yang memiliki suhu cukup dingin yaitu berkisaran antara 15 °C- 27 °C dan ketinggian nagari yang berkisar antara 1200-1500 Mdpl. Pada contour daerah seperti ini membuat tanaman  kopi, tebu, dan sayuran lainnya (bawang, sawi, dll) tumbuh dengan sangat subur di daerah ini. Lahan potensial ini membuat rahmat memiliki inisiatif untuk mengembangkan talang babungo sebagai penghasil kopi arabika specialty terbaik sumatera mengingat potensi lahan yang cukup besar nah kemudian bisa menjadi pendapatan nagari jika dikelola dengan baik
Kopi talang babungo merupakan salah satu komoditi yang ditanam oleh petani, namum belum menjadi komoditi unggulan didaerah tersebut. Padahal biji kopi dari Talang Babungo memiliki citarasa dan kualitas yang tidak kalah dari daerah penghasil kopi lainnya. Kopi tersebut  mempunyai karakter rasa yang unik. Adapun rasa yang dihasilkan dari kopi ini adalah spicy, Brown Sugar, dan lemon grace.
Sangat disayangkan, pada daerah yang sangat berpotensi untuk perkebunan kopi ini belum dimanfaatkan dengan maksimal. Masyarakat masih enggan menanam kopi dikarenakan pengetahuan masyarakat tentang perkopian masih sedikit, padahal pada aspek perekonomian kopi ini sangatlah menjanjikan.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *